Veteran Muda jadi Semangat Baru

SEMARANG KRJOGJA.com  – Ada pemandangan lain dari Peringatan HUT Ke-63 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Semarang yang diperingati, Kamis (2/1/2020) di Balai Sudirman, Kodim 0733 BS Semarang.
Yang tampak lain adalah keikutsertaan veteran muda yang tidak lain adalah prajurit Yonif Raider 400/Banteng Raiders yang telah menyandang predikat Veteran Perdamaian.

Karena itu, kesan veteran adalah para purnawirawan yang telah usia senja, bahkan uzur pun sekarang tidak tampak lagi.

Ketua Markas Daerah (MADA) LVRI Jawa Tengah, Kolonel (Purn) H Amin Munadjat MSi bertindak sebagai Pimpinan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal, sekaligus sebagai Inspektur Upacara di Markas Kodim 0733 BS Semarang.
Amin Munadjat merasakan bangga atas keikutsertaan anggota veteran muda dari para prajurit yang pernah menjalankan misi penjaga perdamaian di Timur Tengah. Sehingga kesan para veteran itu pasti seorang purnawirawan yang telah berusia 'sepuh' sudah tidak ada lagi. Hadirnya para veteran muda tersebut, menurutnya telah menyemangati para anggota LVRI yang telah berusia senja atau umumnya di atas 60 tahun.

"Ibaratnya ini menjadi vitamin baru bagi kami. Kini tinggal kami yang telah banyak makan asam garam di medan perjuangan mewariskan nilai-nilai kejuangan yang digali dari nilai-nilai perjuangan 45 kepada mereka agar di hati mereka terpatri semangat juang 45," kata Amin Munadjat.

Ada sekitar satu peleton prajurit Yonif Raider 400/BR yang ikut upacara mengenakan mut (peci prajurit) berwarna coklat orange khas veteran. Sebenarnya mereka kekuatannya satu batalyon, karena hampir semua prajurit pernah ditugaskan sebagai Pasukan Perdamaian PBB. Namun karena belum lama sebagian besar mereka barusan melaksanakan penugasan pengamanan di Papua dan baru tiba 1 Januari, maka yang ikut hanya sebagian yang tak ikut penugasan di Papua.

Usai melalukan ziarak ke TMP Giri Tunggal dan secara khusus melakukan tabur bunga di makam mantan pengurus LVRI Kota Semarang yang belum lama meninggal, Kol (Purn) Hary Widodo dan Kapten (Purn) Adiman, dilanjutkan upacara dan ramah tamah. Dalam ramah tamah juga dihadiri Plt Ketua Macab LVRI Kota Semarang, Letkol (Purn) Sudjani, sesepuh LVRI Brigjen TNI Purn Hari Cokro, Kol (Purn) Bambang Priyoko dan beberapa Veteran Perang Kemerdekaan. (Cha)
 

BERITA REKOMENDASI