Wagub Jateng Wacanakan Pendonor Plasma Konvalesen Dari Ponpes

Editor: KRjogja/Gus

KENDAL, KRjogja.com – Kebutuhan Plasma Konvalesen cukup tinggi seiring dengan meningkatnya angka penyebaran Covid 19. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen Rabu (61/6) terkait pemenuhan kebutuhan Plasma Konvalesen akan berupaya untuk mendapatkan dari santri Ponpes yang sudah pernah terpapar Covid 19. “Santri apabila menerima dawuh dari kyai pasti langsung mengikuti dan siap melaksanakan, jadi jika ada kebutuhan Plasma yang besar bisa didapat dari santri yang ada di Ponpes,”ujar Gus Yasin.

Sejak awal diketahui Plasma Konvalesen dapat menyembuhkan Covid 19, kebutuhan mencapai 11 ribu kantong dan sudah teroenuhu terpenuhi 10 ribu kantong. Sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Jawa Tengah akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan Kantong Plasma Konvalesen.

Bupati Kendal usal menghadiri pelantikan PMI Kendal berharap pengurus PMI yang baru agar bersinergi dengan Pemkab Kendal apalagi dalam kondisi Pandemi seperti sekarang ini. “Ketua PMI Kendal juga menjabat sebagai Sekdin Kesehatan dan Plt Direktur RSUD Kendal sehingga tidak susah untuk langsung menerapkan kinerjanya,”ujar Dico.

Saat ini dibutuhkan peran serta semua pihak untuk menangani pandemi Covid 19 yang trend nya mengalami peningkatan.

Sementara itu Ketua PMI Kendal dr.Budi Mulyono, terkait Plasma Konvalesen karena tidak memiliki alat jika ada pendonor maka diarahkan ke PMI Jateng. Terkait kebutuhan darah selama pandemi meski minim namun kebutuhan tercukupi. Minimnya stok karena selama oandnei tidak boleh berkerumun sehingga acara dan nor darah sukarela tidak bisa di gelar seperti sebelum pandemi. “Meski minim namun kebutuhan darah terpenuhi, kekuranga stok terjadi karena tidak acara donor darah berasal sehingga kami menjemput pendonor,”ujar Budi. (Ung)

 

BERITA REKOMENDASI