Walikota Dukung Sampah Plastik Jadi Taman Kota

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (17/12/2020) meresmikan dan memulai membangun Taman Kota di kawasan Tapak, Tugu Semarang dari bahan ekobrick. eEkobrick merupakan sampah plastik bekas kemasan yang dikumpulkan dengan cara dimasukkan ke botol dan dipadatkan.

Puluhan ecobrick disusun dan direkantkan dengan media tanah liat membentuk pot-pot besar yang akann digunakan menjadi bagian taman. Walikota bersama Direktur Utama Marimas Harjanto Halim melakukan pemasangan perdana ecobrick dengan cara menyusun dan merekatkan dengan media tanah liat.

Hendi, panggilan akrab Hendrar Pihadi menyatakan apresiasinya dan sangat mendukung, karena terkandung maksud mendayagunakan sampah plastik menjadi bentuk yang lebih bermanfaat bagi kehidupan. “Ini akan mereduksi 900 ton sampah tiap bulan yang dihasilkan warga Kota Semarang. Kalau ada separuhnya saja sampah plastik bisa didaur ulang atau di dayagunakan menjadi bentuk lain yang lebih bermanfaat, maka akan menyelamatkan lingkungan dari bahaya limbah plastik,” ungkap Walikota Semarang.

Sementara Harjanto Halim mengajak kepada masyarakat agar perhatian terhadap lingkungan, terutama mengurangi keberadaan limbah plastik di sekitar kita. Meski bermanfaat bagi kehidupan namun plastik menjadi ancaman lingkungan bila berada di dalam tanah, saluran, sungai bahkan laut.

“Oleh karena itu kita dituntut bijak memanfaatkan dan mengelola plastik. Jangan buang plastik sembarangan, namun kita bisa kumpulkan ke dalam botol plastik dan dipadatkan menjadi ecobrick yang bisa dimanfaatkan,” ajak Harjanto Halim. (Cha)

BERITA REKOMENDASI