Walikota Ingin Semarang Bersih

SEMARANG KRJOGJA.com – Walikota Semarang hendrar Prihadi atau akrab dipanggil Hendi, Minggu (25/2/2018) bersama ratusan warga Kota Semarang termasuk pelajar melakukan aksi membersihkan sampah yang ada di kawasan car Free Day (CFD) Simpanglima Semarang.

Aksi menjumput sampah atau kotoran ini juga dihadiri Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementrian Lingkungan Hidup, Rosa Vivien Ratnawati dan Duta Lingkungan yang juga Putri Indonesia 2006 Nadine Chandrawinata.

"Kami berharap masyarakat Kota Semarang lebih meningkatkan lagi kesadarannya dalam membuang sampah pada tempatnya. Namun alangkah baik dan bijaknya justru meminimalisir penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah. Misalnya tidak menggunakan pembungkus yang sekali pakai atau menjadi sampah. Aplalagi sampah tersebut sulit diurai seperti plastik. Kalau ini bisa tercapai maka Semarang ini akan berubah menjadi kinclong saking bersihnya", ungkap Hendi usai memimpin Apel Aksi Bersih Sampah di lapangan Pancasila Semarang dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Walikota menyampaikan bahwa setiap hari di Kota Semarang terdapat antara 800 hingga 1000 ton sampah yang dihasilkan masyarakat. Dari jumlah tersebut 50 persen lebih merupakan sampah yang sulit terurai alami dan berpotensi mencemari bila tidak diolah.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Rosa Vivien Ratnawati mengungkapkan program Bersih Sampah ini merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup skala Nasional. Sampai Jumat (23/2) lalu telah terlaksana 856 kegiatan bersih sampah di 20 provinsi dengan melibatkan 1.886.816 orang dan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 823.656 kg, dimana 67% sampah dapat terolah. Hanya sekitar 33% menjadi residu dan dikirim ke TPA. (Cha)

BERITA REKOMENDASI