Wapres Tekankan Pentingnya Maqosid Syariah

SEMARANG,KRJOGJA.com-Unissula Semarang mengadakan konferensi internasional Islamic Civilization secara daring dengan menghadirkan Wakil Presiden RI Prof Dr Ma’ruf Amin sebagai pembicara kunci, Kamis (27/8/2020). Tema besar konferensi yang dibahas adalah perspektif Islam tentang pembangunan berkelanjutan dan peran ekonomi Islam terhadap keuangan global di millennium ke III.

Ma’ruf Amin menyatakan tema tersebut sangat relevan dengan pertanyaan mendasar bahwa dalam pembangunan modern yang tengah berlangsung saat ini yaitu keberlanjutan serta tantangan agar dapat mewariskan sumber daya yang optimal bagi generasi dunia berikutnya.

Praktif kegiatan ekonomi yang demikian progresif dewasa ini cenderung mendapatkan kritik keras dari berbagai kalangan. Banyak yang berpandangan praktik ekonomi yang dilakukan cenderung eksploitatif baik kepada manusia maupun lingkungan.

Akibat praktik ekonomi yang berorientasi pada keuntungan, banyak pelaku ekonomi yang membanyar gaji di bawah standar, mempekerjakan anak anak dan perempuan tanpa memperhatikan sisi keselamatan secara layak, mengeksploitasi sumber daya alam berlebihan, praktik pertambangan yang tak ramah lingkungan dan lain lainnya. “Oleh karenanya sangat penting mengarahkan pola pembangunan yang berkelanjutan sustainable development goals (SDGs)”, ungkap Ma’ruf Amin.

BERITA REKOMENDASI