Warga Binaan Lapas Kendal Terima Vaksin Astrazeneca

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Sebanyak 5000 dosis vaksin dari Astra Zeneca tiba di Kendal untuk pertama kalinya. Persiapan untuk mengantisipasi efek pasca vaksin dilakukan agar tidak terjadi hal yang diluar dugaan. Kepala Dinas Kesehatan Ferinando Bonnay menjelaskan persiapan beberapa obat disediakan karena belum mengetahui hal yang terjadi usai vaksinas.

Vaksin pertama kali diberikan kepada warga binaan Lapas Kendal untuk selanjutnya dipantau perkembangan setelah vaksin diberikan. “Kami memberikan vaksin Astra Zeneca untuk penghuni Lapas II A Kendal, karena ini baru pertama kali dan kami membantu perkembangan usai vaksin yang menurut berita terjadi panas beberapa hari, antisipasi obat juga kami siapkan,”ujar Ferry.

Sebanyak 103 warga binaan dan 5 orang dari keluarga pegawai mengikuti vaksinasi Covid-19 jenis AstraZeneca dosis pertama. Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Samsul Hidayat menjelaskan pada tahap ini, ia hanya bisa mengusulkan 103 warga binaan untuk melakukan vaksin. Sisanya 193 napi belum bisa diusulkan karena masih menjadi penyintas Covid-19 hingga September mendatang.

“Total hari ini ada 108 yang divaksin, 103 dari warga binaan, dan sisanya keluarga pegawai. Untuk penyintas nanti nunggu 3 bulan di September, karena baru dinyatakan negatif Covid-19 pada awal Juni lalu,” ujar Samsul.

Vaksinasi merupakan upaya membentuk herd immunity di lingkungan Lapas. Dikatakan Samsul di Lapas akan sulit menerapakan sosial distancing di dalam karena saat ini sudah over kapasitas. “Yang kita lakukan dengan vaksinasi dan membatasi kontak pegawai dengan warga binaan,” lanjutnya.

Seorang narapidana, Fattah mengaku lega sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. selama ini ia merasa was-was karena belum dapat vaksin sama sekali.

“Saya senang akhirnya bisa dapat vaksin. Semoga bisa menghindarkan dari paparan Covid-19. Saya juga berharap semua warga binaan di sini bisa divaksin semua segera mungkin,” harap Fatah. (Ung)

 

 

BERITA REKOMENDASI