Warga Kendal Terima Bantuan Rumah Program Kementrian PUPR

Editor: Agus Sigit

KENDAL, KRjogja.com – Terobosan baru dilakukan Bupati Kendal Dico Ganinduto untuk warga masyarakat yang belum memiliki rumah. Melalui program DAK Integrasi Bidang Perumahan dari Kementrian PUPR Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan 170 rumah bagi mereka yang belum memiliki rumah dan masih tinggal bersama orang tua.

Awal program diberikan kepada warga desa Penyangkringan Kecamatan Weleri yang belum memiliki rumah. Sebenarnya Program ini sudah mulai tahun 2019, namun terhenti karena status tanah, namun Bupati Kendal Dico Ganinduto membuat nya bantuan Kementrian ATR BPN agar legalitas tanah untuk program ini segera bisa terealisasi.

“Ini merupakan program swadaya lahan dan kami membantu untuk pembangunan rumahnya sebanyak 170 unit, tidak hanya itu sarana dan prasarana juga kami sediakan dnegan total anggafan Rp. 13 Miliar,”ujar Dico Sabtu (28/8).

Pihaknya akan berusaha untuk wilayah lain, agar warga masyarakat bisa memikik rumah dan tidak lagi serumah dengan beberapa Kepala Keluarga. “Ini program bagus dan akan terus berkesinambungan agar kesejahteraan masyarakat meningkat dengan memiliki rumah sendiri,”lanjutnya.

Kepala Dinas Pelerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Kendal Sugiyono mengatakan luas lahan untuk 170 rumah adalah 1.8 Hektar. Sedang Peru unit rumah tinggal adalah 46 meter persegi luas bangunana dan 60 meter persegi luas tanah.

“Pembangunan rumah ini sudah dilakukan pengawasan olehbkonsultan dan rencana akan selesai akhir tahun ini,”ujar Gugiyono.

Ahmad Idris warga desa Penyangkringan yang mendapatkan bantuan rumah mengaku senang karena selama ini tinggal dengan orang tua. “Selama ini saya tinggal dengan orang tua, dengan program ini saya merasa terbantu bisa memiliki rumah sendiri,”ujar Idris. (Ung).

 

BERITA REKOMENDASI