Wartawan Memiliki Andil dalam Kemerdekaan RI

Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan kala itu menururnya dilakukan dengan dua cara, gerakan bersenjata yang dilakukan rakyat bersenjata dan diplomasi oleh kalangan intelektual yang diantaranya para wartawan. Para wartawan memiliki peran strategis dalam hal diplomasi dan penyebaran informasi, diantaranya propaganda.

“Peran wartawan inilah yang mempengaruhi dunia internasional dalam memerdekakan Indonesia. Kita kenal Soekarno, Adam Malik, Rosihan Anwar dan banyak tokoh 45 lainnya adalah wartawan. Bung Tomo juga sebagai wartawan, orator sekaligus pemimpin pergerakan bersenjata di Surabaya. Karenanya anda harus bangga dan harus mewarisi nilai-nilai juang 45,” ungkap Soegiarno kepada wartawan yang mewawancarainya.

Berkaitan dengan kondisi sekarang, Soegiarno meminta agar wartawan bisa menjadi benteng pelindung negara. Ibaratnya dulu negara ini yang membentuk adalah wartawan, yang harus melindungi dari kehancuran juga harus wartawan.

“Sekarang ini saya ikuti perkembangannya, Indonesia banyak bertebaran berita-berita hoaks yang memecah belah persatuan, sudah saatnya wartawan memberikan konter dengan berita-berita benar dan menyejukkan,” katanya. (Cha)

BERITA REKOMENDASI