Wujudkan E-governance, Pemprov Jateng Gandeng Twitter

Editor: KRjogja/Gus

SEMARANG (KRjogja.com) – Untuk memudahkan komunikasi dengan semua lapisan masyarakat, dan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada Pemprov Jateng, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo resmi menggandeng perusahaan Twitter Indonesia sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan hal ini kepada wartawan di Semarang Rabu (28/9) malam, usai peluncuran penggunaan Twitter Kemala (Kelola Melantas Layanan). Gubernur mengakui twitter telah lama menjadi jembatan komunikasi antara warga Jawa Tengah dengan pemerintah, termasuk dengan gubernur melalui akun pribadinya @ganjarpranowo.

“Sejak saya menjadi Gubernur Jateng, banyak masyarakat men-tweet pertanyaan, laporan, atau keluhan kepada saya maupun kepada SKPD langsung. Twitter merupakan platform yang sesuai untuk meluncurkan inisiatif e-governance pertama kami yang terkait dengan pelayanan publik. Dengan Twitter kami bisa dengan cepat merespon informasi dari masyarakat,” tegas Ganjar Pranowo.

Ganjar juga mengungkapkan ada warga yang mengomentari aktivitasnya bermedia sosial, dengan menulis gubernur kok twitteran terus, kapan kerjanya? “Ya saya jawab kalau tidak twitteran, bagaimana saya bisa kerja,” tutur Ganjar. Gubernur mengatakan balasan itu tidak asal balas, juga bukan sekadar iseng membolak-balik kata. Tapi memang begitulah keadaannya.

Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, mengatakan, Twitter Kemala merupakan sistem navigasi atau solusi layanan publik yang dibuat oleh Twitter untuk mempermudah komunikasi dan interaksi antara pemerintah dan warganya. Mereka yang hendak mengadu atau menyampaikan informasi tinggal men-tweet dengan tagar #KemalaJateng untuk kemudian direspons langsung oleh instansi terkait.

“Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi institusi pertama di Indonesia yang menggunakan Twitter Kemala untuk mendukung e-governance di wilayahnya. Bahkan di tingkat Asia Tenggara juga baru Pemprov Jateng,” tutur Roy Mangunsong.

Twitter Indonesia memilih Jateng karena angka tweet ke Ganjar sangat signifikan. Bahkan selama 30 hari terakhir twitt mencapai 500.000 twitt. Selain itu Jateng juga menjadi representasi daerah geografis Indonesia yang punya progres di media sosial, dan Gubernurnya paling proaktif dan responsif di twitter. (Bdi)

BERITA REKOMENDASI