Yenny Wahid Deklarasi Kelurahan Damai di Salatiga

Editor: Ivan Aditya

SALATIGA, KRJOGJA.com – Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid menghadiri dan menyaksikan Deklarasi Kelurahan Damai di Tingkir Lor Kota Salatiga, Rabu (12/1/2022). Kegiatan ini merupakan sinergi antara Kelurahan Tingkir Lor, dengan Wahid Foundation beserta UN Women.

Lembaga ini sebagai salah satu sarana untuk mengkampanyekan toleransi, perdamaian, dan kesetaraan gender, serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Walikota Salatiga, Yuliyanto yang juga hadir dalam acara ini mengatakan Kota Salatiga dapat dikatakan mampu mengelola keberagaman masyarakat dengan baik. Masyarakat hidup harmonis dan damai, bahkan telah dikukuhkan sebagai Kota Tertoleran se-Indonesia.

Predikat ini merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kota Salatiga, yang didukung penuh oleh Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat. Dengan kolaborasi dan elaborasi bersama lembaga Wahid Foundation, semakin menguatkan dan mengukuhkan Kota Salatiga sebagai Kota Tertoleran.

Deklarasi Kelurahan Damai adalah langkah awal untuk mewujudkan toleransi, perdamaian, dan keadilan di Kota Salatiga, bahkan di seluruh Indonesia.

Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat di tingkat desa dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan.

Desa yang tangguh harus mempunyai 3 pilar, yakni pemberdayaan ekonomi, pelatihan masyarakat agar bisa menghargai perbedaan dan hidup rukun dan mencegah potensi konflik. Kemudian yang ketiga adalah penguatan peran perempuan.

Yeni menambahkan masyarakat harus diberikan pelatihan meningkatkan kesadaran bahwa perbedaan tidak boleh memecah kita.(Sus)

 

BERITA REKOMENDASI