Zaenal Arifin Mochtar Harap Presiden Terbitkan Perpu

SEMARANG,KRJOGJA.com – Dr Zaenal Arifin Mochtar (Dosen Hukum Tata Negara UGM) menjadi salah satu pembicara webinar Omnibus Law UU Cipta Kerja yang dihelat oleh Forum Doktor Unissula Semarang, Rabu (21/10/2020). Pada paparannya, Zaenal Arifin menyayangkan akan terbitnya UU tersebut.

“UU Omnibus saya bayangkan ada kebaikannya iya, namun ada kemungkinan penumpang gelapnya terlihat sekali”, ungkapnya.

Dia menyayangkan banyaknya permasalahan yang mengiringi terbitnya UU ini. Separuh permasalahannya karena caranya yang keliru. Terutama prosesnya dan minimnya kesempatan partisipasi rakyat. Secara proses dianggap ugal-ugalan, kelihatan betul terbu-burunya, banyak banget yang berantakan. Harusnya dibicarakan detail tapi tak dilakukan. Dirinya juga menyayangkan UU ini berpotensi merugikan banyak fihak.

“Apakah investasi sedemikian pentingnya sehingga harus menginjak hak hak buruh. Kalau kita membacanya dengan teliti dan bertenang tenang banyak sekali kita temukan hal yang tidak pas dan harus kita kritisi. Saya masih berharap Presiden mau menerbitkan Perpu”, pungkasnya.

Narasumber lain dalam webinar ini di antaranya Said Iqbal (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Prof Dr Gunarto SH MHUm (Dekan Fakultas Hukum Unissula), dan Frans Kongi (ketua Apindo Jateng). (sgi)

BERITA REKOMENDASI