10 Pasangan Lolos Final Putra-Putri Lawu

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sebanyak 10 pasang peserta ajang pemilihan Putra Putri Lawu (PPL) 2016 bakal beradu bakat untuk memperebutkan gelar juara harapan dan favorit saat malam grand final di Plasa Alun-alun kota, Sabtu (10/09/2016) malam. Mereka lolos ke babak akhir seleksi dari total 103 pendaftar ajang pemilihan duta wisata Kabupaten Karanganyar.

“Rangkaian seleksi bersistem gugur akhirnya menjaring 10 pasang finalis, atau 20 orang. Dari semula 103 pendaftar, mereka berguguran pada saat ujian tertulis dan wawancara yang diikuti 88 peserta pada akhir Agustus lalu. Terdiri dari 28 putra dan 60 putri. Sebagian pernah mengikuti ajang tahun lalu,” kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karanganyar, Bambang Sugito, Jumat (09/09/2016).

Tim juri sangat selektif memilih calon duta wisata pada tahun ini sehingga menerapkan metode penjaringan tak sekadar kualitas fisik namun juga intelektual dan sikap. Dalam hal ini, KRA Djuritno Yudhoadiningrat menilai unsur kebudayaan, serta dua dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yakni Joko Suyanto selaku penilai bisang kepariwisataan dan kepenguasaan destinasi wisata serta Christina yang akan menakar kepenguasaan bahasa asing. 

Panitia akan menghadirkan pula juri kehormatan, diantaranya Hadiasri Widyasari Rohadi Widodo. Menjelang malam grand final, 10 pasang finalis digembleng untuk menyiapkan dirinya beradu bakat. Lantaran waktu persiapan terbatas, panitia tidak mengkarantina para peserta namun memaksimalkan materi lapangan.

Bambang memastikan seleksi PPL 2016 fair dan dapat dikawal masyarakat. Bahkan panitia mempersilakan penonton malam grand final ikut menentukan juara favorit. "Pasangan juara I,II dan III ditentukan juri berdasarkan kualitasnya. Sedangkan juara favorit ditentukan pooling SMS dan pilihan rekan sesama peserta ajang duta wisata,” kata Bambang. (R-10)

BERITA REKOMENDASI