10 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Karanganyar

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mulai mendistribusi 10 ribu dosis vaksin ke puskesmas di 17 kecamatan. Vaksinasinya tertuju lansia.

Sekretaris DKK Karanganyar Purwati mengatakan paket vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berupa 1.000 vial vaksin itu tiba pada Rabu (03/03/2021). Tiap vial berisi 10 dosis. “Vaksin 1.000 vial ini khusus bagi lansia. Puskesmas mengambil ke kantor dinas dengan berita acara,” kata Purwati, Kamis (04/03/2021).

Berdasarkan data dari Disdukcapil yang diterima DKK, jumlah lansia 137.117 jiwa. Puskesmas di kecamatan bertugas melakukan kroscek untuk memastikan calon penerima riil. Ia mengatakan, vaksinasi terhadap lansia ditarget selesai 9 Maret 2021. Puskesmas dipersilakan menentukan lokasi terbaik pemberian vaksin secara kolektif. Bisa di kantor puskesmas atau di balai desa.

“Mendekatkan ke sasaran. Tapi bukan jemput bola sampai ke rumah. Kami memahami pergerakan lansia juga terbatas. Diharapkan bisa tervaksinasi semua,” katanya.

Kriteria penerima vaksin dari kalangan ini berusia 60 tahun ke atas. Lantaran jumlah vaksin dengan jumlah lansia tak seimbang, maka DKK menentukan skala prioritas. Yakni mereka yang tinggal di wilayah dengan konfirmasi tinggi penularan Covid-19, berpenyakit penyerta, risiko tinggi karena aktivitas dan sebagainya.

“Lansia dengan mobilitas tinggi juga termasuk sasaran. Potensi berkontak dengan kalangan risiko juga diprioritaskan vaksinasi,” katanya.

Ia belum bisa memprediksi apakah semua lansia sasaran bisa divaksin. Nantinya, mereka menjalani skrining terlebih dulu untuk mengetahui kesiapan fisiknya menerima vaksin.

Di tahap II, DKK menerima 9.000 dosis vaksin untuk diberikan ke 4.500 penerima. Ia memastikan seluruhnya sudah diberikan ke pelayan publik dan sisa nakes yang belum disuntik di tahap I. (Lim)

BERITA REKOMENDASI