10 Tokoh di Karanganyar Awali Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Vaksinasi anti Covid-19 di Kabupaten Karanganyar diperuntukkan 570.146 warganya. Guna mengawalinya, 10 tokoh sentral bakal diinjeksi pada Kamis (14/01/2021).

“Sebanyak 10 tokoh itu saya yang pertama, Kapolres, Dandim, 4 wakil ormas Islam dan tokoh lain bisa saja Sekda mewakili birokrasi. Ini yang usianya dibawah 60 tahun, ‘’ kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono di rumah dinasnya, Selasa (05/01/2021).

Disampaikan Juliyatmono, pelaksanaan vaksinasi terhadap 10 tokoh tersebut bakal dilakukan di Puskesmas Karanganyar. Setelah 10 tokoh ini mengawalinya, kemudian injeksi menyasar tenaga kesehatan (nakes).

“Nakes tidak boleh semua di vaksin di hari yang sama. Supaya nanti separo dulu. Biar kondusif. Karena bisa saja setelah di vaksin ada reaksi, ya panas atau lainnya,’’ lanjutnya.

Juliyatmono meminta masyarakat tidak perlu ragu dengan khasiat vaksin Covid-19. Itu dibuktikan rangkaian uji coba yang berhasil .

“Di karanganyar saya yang pertama. Saya berharap masyarakat tidak perlu ragu. Pada saatnya tidak perlu berebut, semua di vaksin. jadwal akan diberi tahu tahap-tahap berikutnya. Ini sampai di kuartal pertama 2022,’’ ujar Bupati.

Jumlah nakes yang bakal disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 3.441 orang baik negeri maupun swasta yang sudah melakukan entri di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK) Kementerian Kesehatan. Adapun total sasaran di Karanganyar sebanyak 570.146 orang.

“Ini mau nakes dulu, yang divaksin sampai April nakes dulu, lalu pelayanan publik, masyarakat rentan,’’ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Purwati. (Lim)

BERITA REKOMENDASI