12.600 KK Miskin Jateng Terima Santunan Rp 250 Ribu Per bulan

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sebanyak 12.600 keluarga miskin nonproduktif di Jawa Tengah bakal menerima uang santunan dalam program Jateng Sejahtera yang direalisasikan perdana pada bulan ini. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada wartawan di sela kegiatannya di camping ground Tawangmangu, Rabu (24/8).

“Mulai bulan ini. Bagi mereka yang berhak menerima sebanyak 12.600 keluarga yang tersebar di kabupaten/kota di Jawa Tengah,” katanya.

Penerima uang tunai tersebut dipilih dari penduduk Jawa Tengah yang tidak terkaver layanan kesehatan gratis dari pemerintah seperti BPJS kesehatan dan Jamkesda maupun asuransi dari instansi swasta. Identitas mereka sebenarnya masuk dalam database kemiskinan namun belum terangkut program bersumber APBD kabupaten, APBD provinsi maupun APBN. Ganjar mengatakan, mereka selain nonproduktif dan berekonomi lemah juga penyandang disabilitas.

“Tiap keluarga berhak uang tunai Rp 250 ribu per bulan,” ujarnya.

Rencananya, penyaluran dana sosial itu efektif pada tiga bulan terakhir menjelang tutup tahun 2016. Ganjar memberdayakan CSR perusahaan perbankan di Jawa Tengah di bawah kendali Bank Indonesia (BI) untuk mengumpulkan donasinya di program Jateng Sejahtera. Total kebutuhan mencapai Rp 9,5 miliar. Pada tahun depan, Pemprov akan menganggarkan dana tersebut dari kas negara. “Uang itu bisa untuk membeli beras bagi warga miskin atau malah membayar premi BPJS. Tahun depan akan dianggarkan dari uang negara,” katanya. (M-8)

BERITA REKOMENDASI