13 Sapi di Pracimantoro Positif PMK, Semua Pasar Ditutup Bupati

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo menutup pasar-pasar hewan yang ada di daerah Kabupaten Wonogiri, Senin (23/5/2022). Langkah tegas ini diambil setelah ditemukan ada 13 ekor sapi di Pasar Hewan Pracimantoro kedapatan terpapar penyakit mulut dan kuku atau PMK.

“Kasus ini (PMK) diketahui setelah tim gabungan Pemkab melakukan pemeriksaan di sana (Pasar Pracimantoro) pagi tadi,” tandas Bupati Joko kepada wartawan di ruang kerjanya.

Untung saja, ujar pria yang akrab disapa Mas Jekek ini, belasan sapi yang terbukti terkena PMK merupakan ternak dari luar daerah Kabupaten Wonogiri.
“Ini bukan isu atau ingin menjatuhkan nama daerah lain, petugas Disnakperla di lapangan memiliki data lengkap, ‘by name’ kok,” tandasnya.

Diungkapkan Jekek, pemberlakuan ‘lockdown’ seluruh pasar hewan di daerahnya ini berlaku selama dua pekan ke depan. Diharapkan, jajaran Disnakperla Wonogiri melakukan pemantauan secara intensif jika ada pasar hewan yang nekad buka atau beroperasi selama 2 minggu ke depan.

“Karena yang ditemukan di Pracimantoro (Pasar) tadi positif PMK maka penutupan yang saya lakukan ini sebagai bentuk antisipasi agar kasus PMK bisa dilokalisir sehingga tidak menyebarkan ke wilayah kecamatan lain,” papar bupati.

BERITA REKOMENDASI