14 Negara Ikuti Kejuaraan Dunia Pencak Silat Tapak Suci

SOLO, KRJOGJA.com – Kejuaraan dunia Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah 2019 bakal digelar di Solo Jawa Tengah 1-5 September 2019. 547 atlet dari 14 negara bakal ikut serta memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad pendiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah. 

Ketua PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Afnan Hadikusumo mengungkap kejuraaan dunia tersebut merupakan yang pertama kali diadakan sepanjang sejarah. Animo peserta menurut Afnan ternyata sangat luar biasa dibuktikan dengan keikutsertaan yang mencapai 14 negara. 

BACA JUGA :

Indonesia Terus Berjuang Menggolkan Pencak Silat di Unesco

Padepokan Pencak Silat Harimau Putih Lestarikan Budaya Bangsa

 

“Ini kejuaraan dunia pertama kali, menjadi sejarah bagi PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah. Total ada 547 atlet dari 14 negara siap unjuk gigi. Selain tuan rumah Indonesia peserta dari Aljazair, Timor Leste,  Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan,  Jerman, Uganda, Maroko, Thailand,  Lebanon, Sudan, hingga Palestina. Kejuaran ini akan mempertandingkan 18 nomor kategori olahraga (11 putra dan 7 putri). Sedangkan ada 16 kelas seni (8 putra, 7 putri, 1 beregu),” ungkap Afnan ketika berbincang dengan media Kamis (29/8/2019). 

Indonesia menurut Afnan menjadi pendiri cabang olahraga pencak silat yang perkembangannya dinilai sangat menjanjikan di dunia internasional. Banyak pelatih asal Indonesia, dicari untuk melatih beberapa negara di luar negeri yang secara tak langsung menjadi jalan mulus agar cabang tersebut dipertandingkan di kejuaraan multi event dunia. 

“Lebanon ini cukup menarik, baru berdiri (organisasi tapak sucinya) dua bulan lalu, tapi ini sudah ingin ikut kejuaraan. Beberapa negara juga termotivasi untuk ikut serta. Ini hal baik bagi perjalanan olahraga pencak silat kedepan,” tandas Afnan. 

Wiwoho, Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Dunia Pencak Silat Putra Muhammadiyah 2019 menambahkan kejuaraan nantinya akan digelar di Sritex Arena selama lima hari hingga 5 September 2019. “Nanti akan ada latihan bersama juga yang diikuti sekitar 2500 peserta di Stadion Sriwedari pada 1 September,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI