158.368 Pelaku UMKM Terseleksi Terima Bantuan Modal Usaha

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Sebanyak 211.000 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukoharjo resmi mendaftarkan diri mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta melalui program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahap 2. Pemerintah sendiri melakukan penutupan pendaftaran 26 November lalu. Dari jumlah tersebut diketahui sebanyak 158.368 pelaku UMKM sudah terseleksi dan terverifikasi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Selasa (1/12), mengatakan, pemerintah pusat membuka kembali pendafataran bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM di Sukoharjo tahap 2. Bantuan akan diberikan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku UMKM terpilih.

Penutupan pendaftaran sudah dilakukan pada 26 November lalu dan diketahui ada 211.000 pelaku UMKM resmi mendaftarkan diri. Setelah ditutup, petugas kemudian melakukan proses seleksi dan verifikasi dengan hasil ada 158.368 pelaku UMKM.

Proses seleksi dan verifikasi masih berjalan dan ditunggu oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo. Penentuan siapa pelaku UMKM yang akan menerima bantuan modal usaha sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Proses masih berjalan, dimulai dari pendaftaran dan penutupan kemudian seleksi dan verifikasi selanjutnya tinggal menunggu penerima bantuan modal usaha. Penentuan pelaku UMKM yang menerima menjadi kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo juga masih menunggu kapan bantuan modal usaha diserahkan ke pelaku UMKM. Sebab sampai sekarang pengumuman dari pemerintah pusat juga belum jelas.

“Calon penerima bantuan modal usaha nanti akan dikonfirmasi atau dihubungi langsung dari pusat. Sebab pada saat mendaftar pelaku UMKM juga mencantumkan nomor telepon,” lanjutnya.

Teknis tersebut dikatakan Sutarmo untuk mempermudah proses penyaluran bantuan. Selain itu juga mempercepat modal usaha bisa diterima oleh pelaku UMKM.

BERITA REKOMENDASI