16 Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Ngargoyoso Ditutup

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Puskesmas Ngargoyoso menutup layanan rawat inap dan persalinan gegara tenaga kesehatannya menjalani isolasi mandiri. Mereka kontak erat dengan pasien rawat inap yang belakangan diketahui terpapar Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwanti mengatakan 16 orang menjalani tes swab dari Ngargoyoso di labkesda Cangakan pada Selasa (29/9). Mereka adalah 10 nakes dan enam warga sipil. “Satu orang pasien rawat inap yang akan dirujuk ke RSUD ternyata positif Covid-19. Ia sebelumnya dirawat tiga hari di Puskesmas Ngargoyoso. Sesuai protap, kontak eratnya ditracing. Mereka adalah 10 nakes dan enam warga biasa,” kata Purwanti.

Ia mengatakan layanan rawat jalan dan IGD tetap buka. Hanya saja, jumlah personel nakes tak seperti biasa. Ia belum bisa memastikan kapan Puskesmas Ngargoyoso dibuka kembali. Namun idealnya, saat semua nakes dipastikan negatif Covid-19. Kemungkinan lain dengan memberdayakan bidan desa dan nakes di puskesmas pembantu desa agar melayani pasien di puskesmas induk kecamatan. “Sudah dilakukan koordinasi ke kecamatan. Menginformasikan situasi itu agar masyarakat enggak kecele,” katanya.

BERITA REKOMENDASI