18 Tersangka Target Operasi Narkoba Diringkus

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Kapolresta Solo yang baru AKBP Andy Rifai mulai menggebrak dengan meringkus jaringan pengedar narkoba yang memiliki kaitan oknum narapidana dalam lembaga pemasyarakat (LP). Sebanyak 18 tersangka pengedar yang sebelumnya masuk dalam target operasi (TO) berhasil dikandangkan ke sel tahanan, belasan pelaku diringkus dalam operasi Antik Candi tahun 2019.

"Jaringan pengedar narkoba yang berani beroperasi di wilayah hukum Polresta Solo tidak ada ampun kita tangkap dan penjarakan agar jera. Dari 18 tersangka diketahui ada empat orang yang berstatus residivis dengan inisial S, AS, NAT dan IWA," ujar Andy Rifai didampingi Kasat Narkoba Polresta Solo Kompol Sugiyo gelar barang bukti di mapolrerta setempat, Senin (26/08/2019).

Modus yang digunakan tersangka dengan menaruh barang sesuai tempat yang di tentukan oleh pembeli, kemudian pembeli mengambil dan meninggalkan uang di tempat tersebut. Baru kemudian tersangka kembali untuk mengambil uang dari pembeli.

"Pengedar yang memiliki jaringan di dalam LP mengendalikan operasi mengedarkan narkoba dari dalam LP. Hal itu masih terus diselidiki secara intensif," papar Kapolresta Solo tanpa menyebut nama LP yang diduga ada oknum narapidana yang terlibat mengedarkan narkoba.

Kapolresta menambahkan dari para tersangka petugas menyita barang bukti 19,65 gram narkoba dan barang bukti berupa HP, alat penghisap, rokok dan sejumlah uang. Akibat tindakannya, tersangka dijerat dengan tiga pasal secara berlapis yakni UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Pasal 114 ayat (1) sebagai pengedar, Pasal 112 ayat (1) sebagai penyimpanan dan Pasal 127(1) huruf a bagi pengguna dengan ancaman pidana lima sampai 20 tahun Penjara. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI