2.693 Siswa Diterima Sebagai Siswa Baru SMP Jalur PIP

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebanyak 2.693 siswa resmi diterima di 41 SMP Negeri melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur Program Indonesia Pintar (PIP). Masih ada sisa kuota PIP sebanyak 1.347 siswa kosong dan mereka diberi kesempatan mendaftar melalui jalur reguler. Jadwal PPDB SMP jalur reguler sendiri maju dari 2 – 4 Juli menjadi 25 – 28 Juni.

Kabid Pendidikan Menengah Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Rabu (23/5) mengatakan, kuota PIP untuk siswa baru SMP di Sukoharjo sebanyak 4.040 siswa. Dari jumlah tersebut yang melakukan pendaftaran dan berkasnya diterima sebanyak 2.944 siswa. Saat daftar ulang hanya dilakukan oleh 2.693 siswa saja. Artinya ada 1.347 siswa kuota dari jalur PIP masih dibiarkan kosong belum terisi.

Siswa yang sudah dinyatakan diterima karena telah melakukan daftar ulang. Mereka selanjutnya tinggal menunggu tahapan selanjutnya sebelum masuk ke sekolah.

Sedangkan untuk kuota jalur PIP yang masih kosong tetap dibiarkan. Sebab PPDB online jalur PIP sudah resmi ditutup beberapa hari lalu. Selanjutnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo tinggal menggelar PPDB SMP jalur reguler.

Heri menambahkan, dilihat dari data memang banyak siswa yang tidak menggunakan haknya mendaftarkan ke sekolah melalui jalur PIP. Mereka melakukan hal tersebut karena optimis bisa masuk ke sekolah yang dituju diluar zona lain karena menganggap nilainya tinggi.

Pada pelaksanaan PPDB SMP dibagi menjadi tiga zona yakni zona satu, zona dua dan luar zona. Zona satu sesuai ketentuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo berasal dari anak didik di kecamatan bersangkutan dengan didasarkan domisili sesuai Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo minimal enam bulan sebelum PPDB.

Sedangkan zona dua merupakan pendaftar antar kecamatan dan luar zona adalah antar kabupaten atau antar provinsi. Luar zona dalam proses PPDB di luar zona masing masing.

"PPDB SMP jalur PIP sudah selesai dan selanjutnya tinggal jalur reguler yang jadwalnya dimajukan. Kami sudah sosialisasi dengan memasang baliho disejumlah wilayah," ujar Dwi Atmojo Heri.

Pelaksanaan PPDB SMP jalur reguler dimajukan menjadi pada 25 -28 Juni dari sebelumnya 2 – 4 Juli. Perubahan dilakukan menyesuaikan dengan pengumuman kelulusan siswa SD.

Sesuai jadwal PPDB SMP online diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan waktu pendaftaran. Sebab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo menyediakan waktu cukup lama selama tiga hari. Tahap selanjutnya yakni validasi data dan evaluasi berkas pendaftaran pada 29 Juni. Sedangkan pengumuman dilaksanakan pada 30 Juni. Daftar ulang baru akan dilaksanakan pada 2 – 6 Juli.

"Hari pertama masuk sekolah pada 16 Juli dan semua jadwal sudah kami sosialisasikan ke masyarakat," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI