20,9 Ton Beras Disalurkan Langsung ke Tangan Penerima

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar menyalurkan 20,9 ton beras zakat fitrah ke 146 masjid, lembaga, instansi, panti asuhan/jompo dan pondok pesantren yang tersebar di 14 kecamatan. Baznas menggandeng Satgas kantor Kementrian Agama (Kemenag) untuk menyalurkannya ke tangan penerima.

“Kami menghindari ricuh pembagian bila mustahik zakat harus mengantre pembagian. Maka dari itu, beras zakat fitrah diturunkan ke kantor KUA kecamatan. Dari situ sudah akan ada yang mengambil dari pemohon. Nah, pengelolanya yang akan menyampaikan ke tangan penerima,” kata Wakil Ketua Baznas Karanganyar, Iskandar dalam sambutannya.

Khusus 9 kuintal diserahkan ke panti asuhan sedangkan 20 ton lainnya ke pemohon dari 70 takmir masjid, 49 lembaga, 10 pondok pesantren dan 17 instansi. Dalam catatannya, terdata 4 ribu orang menerima zakat fitrah berupa 5 kilogram beras per paket. Sedangkan penyerahan ke isntansi dikemas per paket isi 25 kilogram. Seluruh beras tersebut dibeli dari dana umat yang terkumpul Rp 205.225.000.

Iskandar mengatakan, zakat fitrah pada tahun ini tidak disalurkan ke Kecamatan Ngargoyoso, Jatipuro dan Jumapolo. Adapun uang infak dan zakat mal yang masuk di Baznas Rp 83 juta yang dikelola sesuai mekanisme pentasorufan zakat oleh Baznas.

“Tiga kecamatan ini tidak mengajukan meminta zakat fitrah. Ini karena takmir masjidnya sudah bisa mengelola sendiri zakat fitrah dari masyarakat,” katanya.

Pendistribusian zakat fitrah tersebut dilepas secara simbolis oleh Sekda Samsi di halaman Masjid Agung Karanganyar. Usai dilepas pemberangkatannya, tiga unit truk pengangkut zakat fitrah meluncur ke lokasi. Hadir di kesempatan itu sejumlah penyandang disabilitas yang diundang Dinas Sosial secara khusus untuk menerima haknya.

“Jumlah beras zakat fitrah tahun ini yang disalurkan Baznas memang berkurang dari tahun lalu sebanyak 24 ton. Ini karena swakelola. Contohnya, SMPN 3 Kebakkramat yang dulunya mengumpulkan zakat untuk dikelola Baznas, sekarang dibagikan sendiri ada 1 ton lebih,” katanya.

Samsi mengucapkan apresiasinya ke seluruh donatur dan berharap kesejahteraan para penerima zakat membaik.

“Yang sekarang menerima zakat fitrah, semoga tahun depan bisa berzakat,” katanya.(Lim)

BERITA REKOMENDASI