21.882 Anak SD – SMP di Wonogiri Terima Seragam Gratis

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemberian seragam sekolah secara cuma-cuma dari Pemkab Wonogiri teralisasi Senin (15/11). Setiap anak SD dan SMP di daerah tersebut masing-masing mendapatkan tiga stel seragam. Wakil Bupati Setyo Sukarno secara simbolis menyerahkan seragama kepada sejumlah wakil siswa di pendapa rumah dinas Bupati Wonogiri.

Menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo pemberian seragam gratis bagi siswa SD dan SMP memang sebagail program skala prioritas Pemkab Wonogiri. Meskipun dalam pandemi Covid-19, sektor pendidikan masih menjadi prioritas pemkab.

“Di era pandemi ini prioritas kita sektor kesehatan serta pendidikan. Alhamdulillah bisa terselenggara dengan baik,” kata dia Senin (15/11/2021).

Anggaran yang digunakan untuk program itu lebih dari Rp 8 miliar rupiah. Seragam sekolah itu dibagikan kepada siswa siswa kelas I SD dan VII SMP. Untuk siswa SD diberi seragam jadi, sementara untuk siswa SMP diberi bahan atau kain seragam.

Program ini diakui Bupati Joko adalah program tahunan. Maka di tahun depan, program itu juga masih berlanjut. Pihaknya juga mewacanakan seragam gratis bagi siswa baru SMA, namun hal itu akan dikonsultasikan terlebih dahulu karena manajerial SMA sederajat di bawah naungan provinsi.

Jika dalam kondisi normal, seragam gratis itu bakal diberikan saat tahun ajaran baru. Karena saat ini sudah mulai digelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, maka seragam sudah diserahkan.

Sementara Wabup Setyo Sukarno merinci ada 9.370 seragam yang dibagikan bagi siswa SD dan ada 12.512 seragam untuk siswa SMP. Ada tiga stel seragam yang dibagikan ke siswa.

“Pengadaan seragam gratis ini untuk meringankan biaya pendidikan bagi orang tua wali peserta didik. Semoga langkah Pemkab ini diterima masyarakat,” ujar dia. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI