245.238 Anak Di Sukoharjo Belum Cetak KIA

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebanyak 245.238 orang anak dengan usia 0-18 tahun menjadi sasaran mendapatkan kartu identitas anak (KIA) tahun 2017. Jumlah tersebut kemungkinan akan mengalami perubahan melihat perkembangan kondisi penduduk Sukoharjo dalam beberapa tahun kedepan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo Sriwati Anita, Jumat (15/9) mengatakan, jumlah sebanyak 245.238 orang anak tersebut merupakan data terakhir. Rinciannya 126.282 anak laki laki dan 118.956 anak perempuan. Mereka jadi sasaran mendapatkan KIA untuk dikerjakan pada tahun 2017 ini. Meski begitu, kemungkinan besar belum semua bisa terlayani.

Jumlah sasaran 245.238 orang anak dianggap besar untuk dipenuhi semua oleh Dispendukcapil Sukoharjo. Sebab stok blangko cetak KIA belum mampu memenuhi semua kebutuhan.

Dispendukcapil Sukoharjo sekarang hanya memiliki stok blangko cetak KIA terbatas. Sebanyak 5 ribu keping pengadaan dari Pemkab Sukoharjo dan 35 ribu keping bantuan dari pemerintah pusat. Total ada 40 ribu blangko cetak KIA siap dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Posisi sekarang Dispendukcapil Sukoharjo sudah menyelesaikan pencetakan KIA sebanyak 9 ribu keping. Pencetakan sudah dimulai pada Agustus lalu. Jumlah tersebut masih dimungkinkan bertambah mengingat stok blangko cetak KIA masih tersedia lebih dari 31 ribu keping. (Mam)

BERITA REKOMENDASI