27 Ribu Warga Sragen Terima BLT DD

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sedikitnya 27.300 warga atau kepala keluarga (KK) tidak mampu dan terdampak virus corona di Kabupaten Sragen bakal menerima bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD). BLT yang diambilkan dari DD itu dijadwalkan bisa dicairkan mulai pekan ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto Selasa (19/05/2020) mengatakan, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), jumlah KK penerima BLT DD diproyeksikan sebanyak 27.300 tersebar di 196 desa dari 20 kecamatan. Jumlah data yang sudah masuk tercatat sebanyak 20.652 KK dari 163 desa. Sedangkan sisanya masih ada 33 desa yang menunggu hasil musyawarah desa (Musdes).

Menurut Tatag, warga atau KK penerima nantinya akan mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 600.000 selama tiga bulan ke depan. Dana akan dicairkan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima.

Kepala Dinas PMD Sragen, Joko Suratno melalui Kabid Pembinaan Aset, Keuangan dan Administrasi Desa, Ichwan Yulianto menyampaikan jumlah desa yang menggelontorkan BLT DD di Sragen ada 196 desa. Pagu DD tahun 2020 tercatat sebesar Rp 171,103 miliar dengan maksimal anggaran untuk BLT DD mencapai Rp 49,168 miliar.

“Proyeksi anggaran BLT DD sebesar Rp 37,018 miliar. Jumlah maksimal penerima BLT DD sekitar 37.300 KK,” ujarnya.

Ichwan menguraikan hingga kemarin, masih ada 33 desa yang belum menyelesaikan musdes. Diharapkan desa yang belum menyelesaikan Musdes, bisa segera merampungkan dalam waktu dekat.

Sementara, berdasarkan progress terbaru, ada beberapa desa yang mengalokasikan BLT DD dari DD tahap 2. Hal itu karena DD 1 sudah digunakan sesuai RPD dan sekarang baru proses penyaluran DD 2.

“Sudah ada 21 Desa yang melakukan proses pembukaan rekening calon penerima BLT DD di Bank Jateng. Setelah pencairan BLT DD untuk 3 Desa dengan penerima 400 KK oleh Bupati Sragen, selanjutnya pencairan untuk desa-desa lain akan segera menyusul,” tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI