28 Pegawai PUD Aneka Usaha Dirumahkan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 28 pegawai PUD Aneka Usaha Kabupaten Karanganyar siap-siap hengkang dari perusahaan berpelat merah tersebut. Perombakan organisasi di tubuh PUD Aneka Usaha melatarbelakangi kebijakan ini.

Dirut PUD Aneka Usaha Kabupaten Karanganyar, Samidi membenarkannya. Saat ini, ia tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan para pegawai yang rata-rata sudah bekerja bertahun-tahun itu. Ia berdalih perombakan organisasi didasari Perbup no 8 tahun 2020 tentang Restrukturisasi Organisasi PUD Aneka Usaha. “Ini di nol kan dulu (nihil pegawai). Kemudian baru dibahas perekrutan untuk mengisi SDM,” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (27/2).

Dalam Perbup tersebut, restrukturisasi mengharuskan PUD Aneka Usaha menata ulang organisasinya dengan mengisi pegawai sesuai kebutuhan. Perekrutan mendatang dikerjakan Pemkab Karanganyar. Ia tak diberi kewenangan mengisinya secara mandiri.

Lebih lanjut dikatakan, tak hanya pegawai saja yang dirumahkan. Pegawai saat ini yang berstatus kontrak, tak lagi diperpanjang. Samidi menyebut, dewan pengawas juga akan dibubarkan.

Selama masa transisi, operasional PUD Aneka Usaha yang berada di kompleks kolam renang Intanpari akan dibantu Pemda Karanganyar. Dalam hal ini, aparat Satpol PP. “Sampai nanti ada pegawai definitif, akan dibantu Satpol PP,” katanya.

Ia memastikan pemberhentian pegawai bukan karena kinerjanya buruk. Melainkan amanat Perbup tersebut. Informasinya, mereka tak lagi bekerja di PUD Aneka Usaha Karanganyar per 1 Maret 2020.

Sekadar tahu, Samidi merupakan direktur definitif yang diangkat pada Desember 2019. Sebelumnya, direktur PUD Aneka Usaha dijabat pelaksana sementara oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Titis Sri Jawoto. Sebab, dua direktur sebelumnya mengundurkan diri karena tidak mampu memimpin perusahaan daerah itu.

Lebih lanjut diakuinya, selama proses pembenahan internal belum selesai, ia tak mau gegabah membuat program. Termasuk event-event dalam rangka meningkatkan kunjungan ke kolam renang Intanpari.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kabag Perekonomian Setda Pemkab Karanganyar, Zaenal Arifin enggan berkomentar banyak. Ia beralasan tak mau membuat suasana keruh jika informasi pemberhentian 28 pegawai PUD Aneka Usaha tersiar. “Ini menjalankan Perbup. Sudah itu saja,” katanya singkat. (Lim)

BERITA TERKAIT