3.442 Linmas Jaga 1.721 TPS di Karanganyar

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sebanyak 3.442 anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) disiapkan menjaga 1.721 tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada serentak yang akan berlangsung Rabu, 27 Juni mendatang. Pengamanan TPS disinergikan dengan Polri dan TNI mulai logistik tiba di TPS, hari pencoblosan sampai pengembaliannya ke kantor kecamatan.

“Seluruh Linmas yang akan bertugas diapelkan. Pemda menyerahkan pendampingan personel dalam rangka pengamanan TPS ke kami,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto kepada wartawan usai apel di Mapolres, Kamis (21/6).  

Jelang penerjunannya ke TPS, komandan linmas dan anggotanya diberi pelatihan singkat terkait teknis pengamanan kotak suara sejak didistribusi di tingkat kecamatan ke desa dan TPS hingga pengembaliannya ke penyelenggara pemilu. Kapolres mengatakan, diterapkan pola pembagian tugas 2-5-10. Artinya, tiap lima TPS dijaga dua anggota polisi dan 10 orang Linmas.

“Meski bertugas tanggal 27 Juni, tapi persiapannya dimulai tanggal 25. Sedangkan 26 Juni sudah tertata di TPS,” katanya.

Selain itu, disiapkan 300 personel di lokasi kampanye terbuka. KPU menjadwalkan kampanye terbuka pasangan calon bupati wakil bupati nomor urut satu, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih (Roda) pada 22 Juni di alun-alun kota sedangkan paslon nomor urut dua, Juliyatmono-Rober Christanto pada 23 Juni.

“Pengamanan kampanye terbuka disiagakan 300 anggota dari TNI, Polri dan Pemda. Back up 1 SSK Brimob dan Dalmas Polda Jawa Tengah,” katanya.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho mengatakan dua paslon bupati wakil bupati telah mengirimkan pemberitahuan ke pihaknya terkait jadwal kampanye terbuka.

“Surat itu menginformasikan jadwal dan lokasi kampanye terbuka. Kami melayangkan surat jawaban sekaligus permintaan agar mengirim laporan dana kampanye maksimal 24 Juni,” katanya.

Pemakaian dana kampanye tiap pasangan calon bupati wakil bupati Karanganyar dan tim suksesnya dibatasi maksimal Rp 14,9 miliar. KPU menyiapkan akuntan publik untuk menghitungnya. (Lim)

 

 

BERITA REKOMENDASI