3 Pusat Unggulan Iptek UNS Peroleh Dana Hibah Kemendikbud

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Tiga Pusat Unggulan Iptek (PUI) disiapkan menjadi centre of excelence Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Ketiganya sangat spesifik dan mulai mendapatkan pengakuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan akan dikucurkannya dana pengembangan.
Masing masing PUI Baterai Lithium, PUI Javanologi dan PUI Center for Fintech and Banking.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof Dr Sajidan menjelaskan untuk dapat lolos memperoleh dana hibah dari Kemendikbud harus bersaing dengan PUI dari perguruan tinggi lain. “Ada 15 PUI yang terpilih 3 diantaranya dari UNS,” jelasnya, Kamis (16/7)

Ia menjelaskan 15 PUI hari itu diundang Direktorat Kelembagaan untuk persiapan penandatanganan kontrak bantuan penguatan PUI-PT secara online. Kucuran dana hibah diharapkan mendorong percepatan tiga PUI andalan UNS. Sementara untuk baterai lithium sudah menunjukan hasilnya.

“Baterai lithium sudah memasuki tahaoan komersialisasi, semoga mampu menghasilan revenue fenerating,” kata Prof Sajidan. Dua PUI yang lain telah siap memberikan yang terbaik. Ketua PUI Javanologi UNS, Prof Sahid Teguh Widodo menyatakan akan menunjukkan PUI Javanologi menjadi pusat informasi dan rujukan masyarakat, kemudian menjadi agen kebudayaan serta pusat Diaspora.

“Kedepan kami akan mengaktifkan Diaspora di kalangan muda serta akan menjalin hubungan dengan industri,” ujar Prof. Sahid. Banyak negara yang terjalin dalam diaspora diantaranya Thailand, Belanda, Suriname, Malaysia.

Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho sangat mengapresiasi dengan lokosnya tiga PUI yang diandalkan sebagai centre of excelence UNS. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI