3 Rumah Rusak Berat di Tawangmangu Mendesak Direlokasi

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sikap saling membantu terlihat area bekas tanah longsor di Dukuh Sedayu, Salere dan Dusun Guyon di Desa Tengklik Tawangmangu. Para tetangga selain membantu menampung para pengungsi juga membersihkan puing-puing dan berdonasi bagi para korban.

Kadus Salere Desa Tengklik, Gito Purnomo mengatakan tengah mengupayakan bantuan ke para korban longsor, terutama yang kehilangan tempat tinggal. Sejauh ini, bantuan logistik disuplai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun demikian, diupayakan juga bantuan dari pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten. Selain itu, para tetangga korban berdonasi bagi tiga keluarga yang kehilangan tempat tinggal.

“Rencananya, keliling ke rumah warga, sudah saya koordinasikan dengan RT dan tokoh masyarakat. Nanti diserahkan kepada yang bersangkutan. Kumpulnya berapa dibagi tiga, uangnya mau dipakai apa monggo,” kata Gito kepada KR, Sabtu (12/12).

Terdata 25 jiwa dari delapan keluarga mengungsi. Rumah mereka rusak parah dan sedang akibat tertimbun longsoran tebing pada Sabtu, 5 Desember 2020. Sebanyak tiga rumah kini sudah dirobohkan karena bangunannya sudah rapuh. Kini, sedang diajukan dana relokasi ke Pemkab Karanganyar, Pemprov Jateng maupun Baznas maupun BNPB.

BERITA REKOMENDASI