300 Ribu Pemudik Diprediksi ‘Banjiri’ Wonogiri 

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemkab Wonogiri siap menerima  pemulangan perantau dari perbagai kota ke daerah asal Wonogiri.

“Sedikitnya 300 ribu pemudik diprediksi akan pulang kampung ke  Wonogiri, prinsipnya kita siap menyambut kedatangan mereka baik dari sisi kebutuhan pokok, angkutan maupun kesehatan kaitannya dengan vaksinasi,” ujar Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, Senin (18/04/2022).

Ditemui wartawan usai memimpin Rakor Persiapan ldul Fitri 1443 H/2022 Wabup menandakan hingga hari raya atau Lebaran nanti pasokan maupun stok sembako dipastikan aman atau cukup. Dari pantauan dinas terkait sampai saat ini tidak terjadi fluktuasi harga yang naik signifikan.

“Kalau ada beberapa komoditi yang naik (harganya) masih dalam batas-batas kejawaran,” tutur Wabup.

Dalam Rakor yang diikuti para kepala OPD, camat serta kalangan BUMD di daerahnya dipaparkan rencana kerja Kepala Dishub Wonogiri, Kepala Diskop UMKM Perindag Wonogiri dan dari Kepala Dinkes setempat.

Menurut Setyo, sesuai informasi dari pusat pada musim liburan lebaran tahun ini Eks Karesidenan Surakarta bakal  ‘kebanjiran’ sekitar 2,1 juta pemudik. Dari angka itu, papar Wabup, Wonogiri diprediksi kedatangan 250-300 ribu warga yang selama ini boro  (merantau) di kota-kota besar.

“Maka dengan menggelar Rakor kita harapkan mereka  yang mudik nanti bisa merasa nyaman, aman, dan terpenuhi apa-apa kebutuhan pokok mereka,” tandas dia. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI