39 Keluarga Diusulkan Relokasi Mandiri

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Sebanyak 39 keluarga asal Kecamatan Jatiyoso, Karangpandan dan Jenawi diusulkan mendapat bantuan pembangunan rumah relokasi. Mereka menyatakan siap menyediakan kebutuhan mandiri berupa lahan hunian. Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar Samsi kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/07/2016).

“Tim teknis BPBD menyodorkan daftar korban bencana alam pergerakan tanah siap relokasi di tiga kecamatan itu. Tercatat 36 rumah dimana ada tiga diantaranya terdiri dua keluarga. Para korban ini memiliki tanah di tempat lain dan bersedia dipindah apabila difasilitasi pemerintah,” ujar Samsi.

Dalam daftar itu terdapat satu keluarga asal Desa Wonorejo Jatiyoso, lima keluarga asal Desa Menjing dan dua keluarga di Desa Trengguli Jenawi serta 31 keluarga di Desa Gerdu Karangpandan. Usulan ini masih akan diverifikasi secara faktual sebelum Pemkab menyetujuinya.

Menurutnya, daftar tersebut dapat ditambah atau dikurangi tergantung hasil verifikasi lapangan. Terkait relokasi mandiri Pemkab menyambut baik warga yang mulai mengambil porsinya. Untuk diketaui, ongkos relokasi korban longsor di Jenawi beerapa waktu lalu ditanggung pemerintah mulai pengadaan tanah sampai pembangunan hunian baru.

“Dulu sistemnya sharing. Per rumah memperoleh APBD kabupaten Rp 10 juta, APBD provinsi Rp 15 juta dan APBN Rp 20 juta. Kedepan juga akan diusulkan pembiayaannya seperti itu,” lanjutnya. (M-8)

BERITA REKOMENDASI