400 Atlet Ikuti Kejurnas Tenis Yunior Detec Open 2018

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRjogja.com – Sekitar 400 petenis tampil dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tenis Yunior Detec Open 2018 di lapangan tenis Manahan Solo, mulai Senin (25/6). Turnamen yang masuk kalender pertandingan resmi PP Pelti mempertandingkan Kelompok Umur (KU) 8, 10, 12, 14, 16 dan 18 tahun.

Dalam turnamen kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena untuk KU 12 ke bawah tidak boleh loncat mengikuti KU di atasnya. Untuk mengatasi hal itu panitia membagi menjadi red, orange, green dan yellow. "Yellow pakai lapangan penuh dan bola normal," jelas Deddy Prasetya, founder Turnamen Detec di Manahan Solo, Senin (25/6).

Tenis, lanjutnya butuh waktu lama untuk berprestasi. Jadi salah kalau orangtua maupun pelatih yang mendorong untuk cepat naik kelas. Pembagian warna sebagai fasilitas agar anak-anak tidak cepat loncat. Bola merah, orange dan hijau sampai 12 tahun. Tapi prakteknya banyak anak di bawah 12 tahun sudah bermain di yellow.

Menurut Deddy sudah ada pelatih yang menerapkan pembinaan sesuai warna di atas. "Tapi masih banyak yang belum," katanya. Dengan penerapan pola pembinaan yang benar diharapkan mampu menguatkan dasar pembinaan yang kuat ke depan bisa merubah perkembangan tenis Indonesia.

Kejurnas Tenis Yunior Detec Open 2018 akan berlangsung hingga 30 Juni. Peserta datang dari berbagai daerah di tanah air. Semua kategori menggelar nomor tunggal dan ganda. Khusus KU 8 dan 10 tahun hanya single. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI