45 Anggota DPRD Karanganyar Periode 2019-2024 Ucap Sumpah Janji

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Sebanyak 45 anggota DPRD Karanganyar periode 2019-2024 diambil sumpah dan janji jabatannya di ruang sidang paripurna, Rabu (28/8). Mereka terdiri 29 orang petahana dan 16 orang wajah baru.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Karanganyar periode 2014-2019, Sumanto berharap hasil kerja 45 anggota DPRD di periodenya memberi fondasi kuat dan referensi bagi para wakil rakyat di lima tahun mendatang. Selama lima tahun terakhir, ia menyadari banyak hal belum memenuhi harapan semua pihak. Ia mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya para anggota baru DPRD Karanganyar. Ia sekaligus berterima kasih kepada 16 anggota DPRD periode lalu yang kini habis masa jabatannya dan tak terpilih lagi di Pileg 2019.

“Semoga pengabdian selama menjadi anggota Dewan bermanfaat bagi masyarakat. Kepada anggota baru, laksanakan amanat dengan sungguh-sungguh. Masayarakat menaruh harapan besar kepada kalian. Segera menyesuaikan diri dengan tugasnya sesuai aturan perundagan yang berlaku,” katanya di acara pengucapan sumpah janji anggota DPRD periode 2019-2024 dan pemberhentian anggota DPRD periode 2014-2024.

Pengucapan sumpah dan janji dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Ni Wayan Wirawati. Di periode ini, para anggota DPRD berasal dari Partai Golkar, PDIP, PKB, PKS, Demokrat, PAN, PPP dan Gerindra. Usai pengucapan sumpah dan janji, dilanjutkan penyerahan jabatan pimpinan sementara DPRD ke parpol pemenang pemilu yang diwakili kadernya yang duduk di DPRD. Dalam hal ini, Sumanto menyerahkan palu sidang ke Bagus Selo (PDIP) dan Anung Marwoko (Golkar).

Sekretaris DPRD Karanganya, Sujarno mengatakan setelah terbentuk pimpinan sementara DPRD yang terdiri ketua dan wakil ketua, mereka bertugas memimpin rapat pembentukan pimpinan definitif. Kemudian memfasilitasu pembentukan fraksi dan penyusunan tata tertib (tatib) DPRD periode 2019-2024.

“Secara yuridis dan de facto, hak dan kewajiban anggota dewan yang baru sudah melekat per hari ini,” katanya.

Ia mengatakan semua anggota DPRD periode 2019-2024 hadir saat pengucapan sumpah dan janji. Namun dari 16 mantan anggota dewan, hanya delapan orang yang menghadiri seremoni pemberhentiannya. Tujuh orang tanpa keterangan dan satu meninggal dunia pada 10 Juli 2019 lalu.

“Mereka (mantan dewan) enggak wajib datang. Tapi kami berkewajiban mengundang,” katanya. (Lim)

 

 
 

 

BERITA REKOMENDASI