458 Perangkat Desa di Wonogiri Kosong

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRjogja.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo ‘menantang’ kalangan muda di daerahnya untuk ikut kontestasi dalam pengisian lowongan perangkat desa (perdes) 2021. Sedikitnya ada 458 kursi Perdes yan mengalami kekosongan segera akan diisi melalui uji kompetensi pelamar.

‘Ujian (uji kompetensi) calon perangkat (desa) kita harapkan digelar Oktober-November mendatang, maka mereka-mereka yang siap ikut membangun daerah silahkan mempersiapkan diri maju,” ujar Bupati Joko usai memimpin sosialisasi pengisian lowongan Perdes Kabupaten di Ruang Kahyangan Kompleks Setda setempat, Rabu (28/4) lalu.

Menurut dia sosialisasi dengan mengundang para kepala desa (Kades) sebagai upaya konsolidasi agar tahap pengisian 458 kursi perangkat desanya berjalan terbuka, transparan dan efektif. “Dengan demikian, pengisian perangkat desa nantinya minim struktur namun kaya fungsi, demi mewujudkan efisiensi anggaran. Saya tidak mau satu RW (Rukun Wilayah) satu Kadus. Tetapi harus ada beban kerja berbasis teritorial, geografis, dan jumlah keluarga yang bisa diampu,” ujarnya.

Proses perekrutan perangkat desa akan menggunakan uji kompetensi, pernah dilaksanakan Pemkab Wonogiri saat perekrutan perangkat desa serentak tahun 2017 lalu. Selain posisi sekretaris desa (Sekdes), lowongan 458 kursi juga meliputi kepala urusan (Kaur) maupun kepala dusun (Kadus).-(Dsh)

BERITA REKOMENDASI