5 Kecamatan di Wonogiri Dilanda Longsor

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Menyusul hujan deras yang mengguyur daerah Wonogiri, Selasa (27/9) petang, mengakibatkan lima  kecamatan masing-masing Jatisrono, Paranggupito, Jatisrono, Giritontro  dan Sidoharjo dilanda bencana tanah longsor dan banjir. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kasus tersebut kecuali satu orang terluka akibat tertimbun longsoran tebing  serta kerugian material yang diperkirakan mencapai Rp 250 juta.

 

Keterangan yang berhasil dihimpun KR, Rabu (28/9), menyebutkan, di Gendayaan Paranggupito terjadi tanah ambles dan banjir. Sedikitnya 15 KK warga desa itu terdampak banjir sehingga sempat mengungsi ke rumah tetangga sekitar yang aman.

Camat Sidoharjo Supardi SH yang dihubungi via ponsel menerangkan hujan yang mengguyur wilayahnya memang cukup deras dan berlangsung hingga sekitar pukul 21.00. Disrbutkan, satu rumah di Tremes tertimpa tanah longsor. "Tidak ada korban jiwa meninggal, hanya satu orang mengalami luka," kata Supardi.

Sementara itu, talud sepanjang 18×8 meter di Tanjungsari Jatisrono longsor nyaris menimpa rumah saksi Maryanto warga RT O1/RW 1. Rumah dinas penjaga SD Watangsono 1 Jatisrono juga terancam terkena dampak longsoran itu. Di Jatiroto tepatnya Dawungan rumah Kimin penduduk RT O1/RW O3 rusak tertimpa tanah longsor.

Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto meminta warganya tetap waspada akan adanya bencana susulan. Soalnya,  sesuai prakiraan akhir-akhir ini masih masa pancaroba dengan intensitas hujan disertai angin kencang akan tetap terjadi. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI