52.035 KK di Wonogiri Tunggu Pencairan Bansos Tunai

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bantuan sosial tunai atau BST Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi sekitar 52.035 KK atau KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Wonogiri bakal segera cair. Selama tiga bulan ke depan warga miskin akibat dampak Covid 19 atau Corona di daerah itu bakal digelondor anggaran dari Kemensos hingga Rp 9,36 miliar lebih.

“Kita harapkan awal atau pertengahan bulan depan dana tersebut sudah turun,” ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Wonogiri Dra Kurnia Listyarini MM, Selasa (28/4).

Dijelaskan, selama tiga bulan mendatang saban KPM di Wonogiri berhak menerima bantuan uang Rp 600 ribu per bulan. Karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid maka pencairan BST akan dilakukan di bank maupun Kantor Pos di kecamatan masing-masing.

“Sesuai protokol kesehatan tidak boleh berkerumun serta tetap jaga jarak maka teknis mungkin akan kita jadwal per desa, toh data para calon penerima saat sudah ada kantor pos,” lanjut dia.

Selain BST, terang Kadinsos, pemerintah pusat melalui Kemendes juga siap mengucurkan bantuan langsung tunai dana desa atau BLTDD. Pemprov Jateng maupun Pemkab Wonogiri sendiri sudah mengalokasikan Bantuan Sosial Pangan (BSP) berupa sembako senilai Rp 200 ribu per KPM.

“Dari Pemprov kita alokasikan sebanyak 10.000 KPM, demikian pula dari Pemkab Wonogiri dengan alokasi 10.000 KPM pula,” tutur Kurnia sembari menambahkan program BSP bakal digelar selama 2 bulan.(Dsh)

BERITA REKOMENDASI