532 Pesawat Disiapkan Untuk Mudik Lebaran 2017

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Dirjen Perhubungan Udara Dr Agus Santosa MSc mengatakan 532 pesawat mulai disiapkan untuk melayani penumpang arus mudik Lebaran 2017 yang diperkirakan mencapai 5,5 juta orang. Pesawat itu diterbangkan di 35 bandara yang telah disiapkan untuk mengantarkan pemudik ke kampung halamannya masing-masing.

"Dari 532 pesawat sudah 450 yang berhasil diramp-check. Pada awal puasa kami harapkan semua pesawat sudah selesai menjalani ramp-check," jelas Agus Santosa usai berbicara dalam "Aviation Goes to Campus" dengan tema penerbangan nasional yang selamat aman dan nyaman di gedung UNSInn kampus Kentingan Solo, Senin (22/5).

Pesawat yang telah menjalani ramp-check dinyatakan dalam kondisi layak mengudara. Sebelum menjalani ramp check, lanjut Dirjen Agus Santosa, pesawat pesawat itu sudah melalui tahapan regular maintenance di bengkel masing-masing. Berikutnya baru dilakukan ramp-check. Dari ramp check memang ada beberapa yang harus dilakukan pergantian spare park.

"Ramp check tidak saja dilakukan pada pesawat, tapi juga menyangkut bandara. Semua itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang," jelasnya. Jumlah penumpang arus mudik arus balik selama 14 hari mencapai 5,5 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan 10 persen dari tahun sebelumnya. Karena tahun lalu jumlah penumpang diangkut kurang dari 5 juta orang.

Aviation Goes to Campus dijalankan untuk berpikir bersama dalam upaya penyadaran peningkatan keselamatan  penerbangan di Indonesia. Kampus dipilih Ditjen Perhubungan Udara karena sebagai agen pengembangan. Melalui warga kampus informasi keselamatan penerbangan akan cepat tersebar luas ke masyarakat.

Selain UNS program serupa akan dilanjutkan ke perguruan tinggi lain. Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS menyambut baik program di atas. (Qom)

BERITA REKOMENDASI