68 Lokasi Penggerebekan, Disita 5 Juta Rokok Ilegal

SO diduga bukan orang baru dalam menjalankan bisnis tersebut. Rumah mewah yang disewanya dipakai gudang menimbun, membongkar muatan kemudian mendistribusikannya ke pasar wilayah Soloraya hingga luar Pulau Jawa. Usai mendalami kasus ini, aparat menetapkan SO tersangka. SO dijerat Pasal 54 dan 56 UU Cukai Nomor 39 tahun 2007. Sedangkan dua lainnya masih berstatus saksi.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso menambahkan, penggerebekan gudang rokok ilegal di Gentan merupakan bagian dari Operasi Gempur 2021. Di wilayah Surakarta, gerakan yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) tersebut berhasil membongkar 68 lokasi gudang rokok ilegal. Penindakan ini berasal dari hasil operasi pasar, informasi dari masyarakat, dan sinergi dengan aparat hukum lainnya. Dari 68 lokasi tersebut disita 5,2 juta batang rokok dengan total perkiraan kerugian negara lebih dari Rp 3 miliar.

“Diharapkan dengan penegakan hukum yang konsisten serta penerapan kebijakan yang tepat, produksi serta peredaran rokok ilegal dapat ditekan dan penerimaan negara dari sektor cukai meningkat,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI