75 Persen Warga Soloraya Ditargetkan Sudah Divaksin Bulan Ini

SRAGEN, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan 75 persen warga se-Soloraya sudah divaksin akhir bulan ini. Sementara untuk tingkat nasional, ditargetkan 72 juta vaksin akan disuntikkan selama bulan Agustus.

Dari jumlah target suntikan vaksin sebanyak itu, 35 juta di antaranya penduduk di pulau Jawa. Hal tersebut disampaikan Luhut di sela kunjungannya ke Sragen, Jawa Tengah, Kamis (5/8/2021). Didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Luhut meninjau pasien isolasi terpusat di gedung Technopark Srageb, serta meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Krebet, Kecamatan Masaran. “Bulan ini (Agustus) kita mau vaksin 72 juta seluruh Indonesia. Jadi di Jawa mungkin 35 juta (vaksinasi),” ujar Luhut.

Luhut menyebut, untuk tataran Soloraya, pemerintah menargetkan 75 persen penduduknya sudah divaksin, akhir bulan ini. Untuk mewujudkan target tersebut pemerintah siap menambah gelontoran vaksin. “Soloraya kita mau supaya 75 persen (tervaksin) sampai akhir bulan ini. Seperti di Sragen, kita bicara dengan ibu Bupati, kita mau 15 ribu (vaksin) sehari, lebih juga siap. Jumlahnya terserah pak Menteri Kesehatan vaksinnya tambah, akan kita dorong,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyinggung sulitnya mencapai ‘herd immunity’ dengan vaksin yang rataan efikasinya 60 persen. Menurutnya, pengendalian pandemi bisa dicapai dengan kombinasi vaksin, 3T dan 3M. “Sekarang ini dengan vaksin, jangan salah nangkap ya, dengan vaksin yang efikasinya rata-rata 60 persen kan agak sulit mencapai ‘herd immunity’,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI