770 Calhaj Sragen Siap Berangkat

SRAGEN (KRjogja.com) –  Sebanyak 770 calon jemaah haji (calhaj) dari Kabupaten Sragen siap diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini. Para calhaj dari berbagai kecamatan tersebut sudah masuk daftar tunggu sejak lima tahun lalu.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kedawung, Muhammad Fadlan mengatakan, dari tiga kecamatan tersebut total calhaj yang siap berangkat adalah sebanyak 113 orang yang meliputi Kecamatan Karangmalang 68 orang, Kedawung 30 orang dan Sambirejo 15 orang. Calhaj dari Sragen rencananya masuk kelompok terbang (Kloter) 21 dan 22. Sedangkan pemberangkatan kloter pertama dijadwalkan pada 16 Agutus 2016.

Hanya saja, kata Fadlan untuk kepastian pemberangkatan masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kakanwil Kemenang Jateng. “Calhaj yang berangkat tahun ini merupakan daftar tunggu yang telah mendaftar pada tahun 2011 lalu. Jadi buruh waktu lima tahun untuk menunggu keberangkatan,” ujar Fadlan di sela manasik haji.

Menurut Fadlan, pelatihan manasik haji lebih dititikberatkan pada pemberian materi teknis seperti kesiapan kesehatan, mental, pengetahuan dan semangat selama menjalankan ibadah haji. Kesiapan mental di sini lebih pada keikhlasan untuk meninggalkan keluarga, karena proses ibadah haji mulai pemberangkatan hingga pulang sekitar 40 hari. (Sam)

BERITA REKOMENDASI