8,5 KM Jalan Rusak di Karanganyar Akhirnya Diperbaiki

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Perbaikan jalan alternatif di ruas Malanggaten-Plalar, Kebakkramat dan Tuban-Wonosari, Gondangrejo didanai DAU tahun 2017 Rp 11,3 miliar. Sebelumnya, ruas jalan penghubung antardesa/kecamatan sepanjang 8,5 kilometer tersebut rusak parah.

“Dua proyek itu sama-sama dikerjakan CV Graha Citra Selaras dimulai 1 Agustus sampai 150 hari kalender,” ujar Plh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Titik Umarni kepada KR

usai groundbreaking dua proyek tersebut, Selasa (12/9).

Di ruas Malanggaten-Plalar, rekanan mengerjakan peningkatan jalan sepanjang 5.400 meter dan melebarkannya dari semula tiga meter menjadi empat meter. Anggaran proyek ini bersumber DAU Rp 5,9 miliar. Kondisinya sekarang hancur akibat lalu lintas padat armada pengangkut hasil bumi dan industri. Dikatakan Titik, jenis pengerjaan di ruas ini untuk mengantisipasi tingkat kerusakannya yang cukup tinggi.

“Tingkat kerusakan jalan ini lebih dari 30 persen,” katanya.  

Sedangkan di ruas Tuban-Wonosari, rekanan mengerjakan peningkatan jalan di sepanjang 3.190 meter dan melebarkannya menjadi 5 meter dari semula 4 meter. Anggarannya juga dari DAU Rp 5,4 miliar. Jalur ini sangat strategis karena akses utama menuju obyek wisata peninggalan purbakala Dayu di kompleks Situs Manusia Purba Sangiran. Kondisi saat ini, permukaan jalan bergelombang dan tanpa aspal.

“Proyek ini dibawah pengawasan TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah). Sehingga jika ada penyelewengan, bisa langsung ditindaklanjuti sejak awal,” katanya.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono mengingatkan rekanan agar jangan mencurangi pemerintah. Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar ini masih sakit hati ulah salah satu rekanan pembangunan kantor Kecamatan Kebakkramat yang kabur menelantarkan proyeknya.

“Jika ada yang dirasa janggal, langsung saja melapor ke DPUPR. Jangan langsung ke rekanan. Kami memiliki prosedur penanganan laporan,” katanya.

Terkait perbaikan jalan Malanggaten-Plalar, ruas tersebut alternatif ditempuh kendaraan yang terjebak macet di di perbatasan Sragen-Karanganyar di Grompol. Rencana di tahun anggaran (TA) 2018 akan dilakukan pelebaran dan pelapisan aspal hotmix di Nglano sampai Pulosari untuk menyambut arus kendaraan Malanggaten-Plalar. Sedangkan perbaikan di Tuban-Wonosari mengakomodasi arus lalu lintas menuju jembatan Jokowi penghubung Desa Kragan, Gondangrejo ke Kebakkramat. (Lim)

BERITA REKOMENDASI