88 Satpam Ikuti Gada Pratama Gelombang III

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 88 satpam perusahaan mengikuti pendidikan dasar (diksar) gada pratama gelombang III yang diselenggarakan PT Garda Total Security bersama Polres Karanganyar. Sebagian peserta diikutkan mengikuti pelatihan tersebut usai terjaring penertiban kartu tanda anggota (KTA) satpam oleh aparat Polres Karanganyar.

“Mereka ini, sebagian pernah terjaring razia Polres karena tidak sah sebagai satpam. Aparat melucuti seragamnya lalu menggantinya dengan kemeja batik. Pemilik perusahaan kemudian mengikutkannya pelatihan satpam ini setelah insiden itu,” ujar Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak disela pembukaan diksar, aula Baznas kompleks Masjid Agung, Senin (25/09/2017).

Pada angkatan ketiga ini, peserta terdiri 80 satpam pria dan delapan wanita. Mereka mengikuti pendidikan dalam kelas dan luar kelas selama 232 jam pelajaran (JP) atau dua pekan.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, jumlah peserta angkatan ini terbanyak di Jawa Tengah. Ia menduga, hal itu disebabkan pemilik perusahaan menyadari pentingnya tenaga keamanan memiliki pengetahuan, kemampuan dan perilaku sesuai prosedur standar.

“Keamanan perusahaan merupakan fondasi penting agar operasional berjalan optimal. Sudah selayaknya penyedia pekerjaan satpam memberi perhatian lebih pada mereka,” katanya.

Pada pelulusan angkatan I dan II diksar, kegiatan itu diikuti penertiban satpam perusahaan oleh Satbinmas Polres Karanganyar. Aparat menyasar satpam berseragam dan tersemat logo Polda Jawa Tengah, namun tak memiliki KTA dan sertifikat keahlian. Atau kepemilikan KTA yang kedaluarsa. (Lim)

BERITA REKOMENDASI