94 Karyawan Positif Covid-19, Pabrik Sepatu Jaten Ditutup 10 Hari

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sebanyak 94 karyawan sebuah pabrik sepatu di Jaten tertular Covid-19. Hingga 10 hari ke depan, pabrik itu ditutup sementara. Semua karyawan juga diliburkan.

Ketua Satgas Covid-19 Desa/Kecamatan Jaten, Harga Satata kepada wartawan, Senin (21/6). “Jadi, manajemen pabrik melapor bahwa 94 karyawannya positif Covid-19. Itu setelah mereka melakukan swab mandiri pada Sabtu (19/6). Kini, semua diliburkan dulu untuk isolasi mandiri di rumah dan di tempat indekos,” katanya, Senin (21/6).

Berdasarkan penelusuran Satgas, penularan dideteksi beberapa hari sebelumnya saat sejumlah karyawan mengeluh sesak napas, batuk dan demam. Kemudian manajemen perusahaan menanyai satu persatu riwayat perjalanan dan kondisi keluarganya. Itu supaya lebih mudah melakukan tracing dan tracking.

“Salah satu karyawan yang berasal dari luar Karanganyar mengaku, ada anggota keluarganya yang sakit dengan gejala mirip Covid-19. Karyawan tersebut dan keluarganya lalu melakukan tes swab, hasilnya positif,” kata Harga.

Kemudian diputuskan semu karyawan dites swab. Jumlahnya 745 orang. Hasilnya, 94 diantaranya positif Covid-19. Harga mengapresiasi sikap perusahaan yang langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. Penanganan cepat dibutuhkan agar penularan tak kian meluas, mengingat letak pabrik di tengah perkampungan berpenduduk padat.

BERITA REKOMENDASI