96 Penghuni LP Sragen Peroleh Remisi Lebaran

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Sebanyak 96 warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman pada Lebaran tahun ini. Pengurangan hukuman bervariasi mulai 15 hari sampai dua bulan.

 

Kepala LP Kelas II A Sragen, Rudy Djoko Sumitro Rabu (28/6) mengatakan, dari seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi, 76 orang merupakan warga binaan yang terjerat kasus pidana umum. Sementara sisanya yang 20 orang merupakan warga binaan yang terjerat kasus narkoba.
Menurut Rudy, sejauh ini warga binaan di LP Sragen masih memenuhi kuota dan belum overload

meski ada beberapa tahanan titipan dari kepolisian dan kejaksaan. "Kuota di LP Kelas IIA Sragen sebanyak 307 warga binaan, sedangkan total warga binaan sekarang 264 orang. Ada beberapa tahanan dan narapidana titipan kepolisian dan kejakasaan. Namun tidak sampai membuat LP overload

," ujarnya.

Sementara, situasi di LP Kelas IIA Sragen saat Lebaran lalu sedikit berbeda dibanding hari biasa. Para pembesuk berdatangan silih berganti dan harus mengambil nomor antrean sejak pagi. Pihak LP sampai harus mendirikan kajang dan menyediakan puluhan tempat duduk sebagai ruang tunggu sementara bagi pembesuk.

Mekanisme antrian ini terpaksa dilakukan karena jumlah pembesuk saat Lebaran memang melonjak dibanding hari biasa. Bahkan lonjakan pembesuk ini bisa mencapai 200 persen dibanding hari biasa. (Sam)

 

BERITA REKOMENDASI