988 Pedagang Pasar Purwantoro ‘Boyongan’

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Sedikitnya 988 pedagang Pasar Purwantoro Wonogiri boyongan ke pasar darurat di Lapangan Desa Jetak Purwantoro, Kamis (18/01/2018). Pindahan yang dipimpin langsung Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Ketua DPRD Setyo Sukarno tersebut dengan kirab jalan kaki sejauh hampir 1,5 kilometer.

Bupati maupun Ketua Dewan selaku cucuk lampah jalannya kirab dalam boyongan ke pasar darurat mengenakan busana Jawa lengkap atau beskap. Hal serupa juga nampak dari kalangan tamu undangan, Kepala OPD terkait serta ratusan pedagang yang saban hari mencari nafkah di pasar itu.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Purwantoro H Panut menyebutkan, selaku wakil pedagang pihaknya menyambut baik rencana revitalisasi pasar tersebut. Pasalnya, kata Panut, pasar kecamatan yang cukup ramai ini kondisinya rusak parah sehingga jika dibangun kembali dipastikan akan lebih ramai dan membuat pedagang maupun pembeli semakin betah berada di pasar itu.

"Apalagi dari beberapa kali sosialisasi akan dibangunnya Pasar Purwantoro ini para pedagang lama tidak akan dikenai biaya sepeserpun kami tambah lega," tutur pedagang hasil bumi itu sembari mengajak seluruh anggotanya untuk menjaga kebersihan dan keamanan pasar ke depan.

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan UMKM Wonogiri Ir Guruh Santoso MM melaporkan, biaya revitalisasi Pasar Purwantoro Rp 48 miliar lebih. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang maupun masyarakat sekitar, pembangunan pasar itu karena  kondisi bangunan kios (94 unit) dan los (154 unit) sudah sangat memprihatinkan.

"Pasar Purwantoro sangat potensial mengingat letaknya yang berbatasan dengan daerah Ponorogo, Pacitan serta Magetan Jawa Timur," ujar Guruh.

Bupati Joko Sutopo menyebutkan, setelah para pedagang pindah ke pasar darurat maka Pemkab akan segera melelangkan proyek revitalisasi pasar ini. "Semua sudah kami siapkan termasuk konsultan yang akan mengawasi jalan proyek kini sudah terbentuk," kata bupati.

Dia menambahkan, selambat-lambatnya Februari sudah dilelangkan proyek Pasar Purwantoro senilai Rp 48 miliar itu. Tidak perlu lama-lama, tandas dia, Maret harus sudah dibangun sehingga Desember mendatang pasar tersebut sudah beroperasi. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI