Adaptasi Kebiasaan Baru, Pendaki Lawu Maksimal 700 Orang

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Jumlah pendaki yang naik ke puncak Lawu via Cemoro Kandang, Tawangmangu dan Candi Cetho, Jenawi dibatasi mulai Jumat (14/8). Demi kepentingan protokol kesehatan, tiap pos pendakian hanya diperkenankan dimasuki 350 pendaki.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan aturan itu didasari Perbup No 52 tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru pandemi Covid-19serta SE bupati no 440/2.921.5 tentang protokol kesehatan. Berdasarkan panduan itu, di jalur pendakian tidak boleh diramaikan lebih dari 700 orang per hari.

“Karena Karanganyar memiliki dua pintu masuk jalur pendakian. Yakni di Candi Ceto dan Cemoro Kandang. Maka masing-masing hanya maksimal memasukkan 350 pendaki saja,” kata Titis kepada KR di ruang kerjanya, Kamis (13/8).

Aturan ini mulai berlaku Jumat (14/8). Diharapkan, para calon pendaki memperhatikan seksama aturan tersebut sebelum memutuskan naik Lawu. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jumlah pendaki dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan mencapai ribuan orang.

“Total hanya diperbolehkan 700 pendaki saja yang boleh naik. Termasuk pada tanggal 16 Agustus nanti. Saya harapkan pengelola jalur di Cemoro Sewu, Magetan juga menyesuaikan aturan pembatasan ini,” kata Titis.

Aturan ini baru pertama kali diberlakukan, seiring pencegahan Covid-19. Diharapkan, calon pendaki sudah mempersiapkan diri sebelum kuota habis. Mereka biasanya mulai naik pada tanggal 16 atau sehari sebelum acara puncak detik-detik proklamasi.

BERITA REKOMENDASI