Ajang Desa Pamerkan Bursa Inovasi

KARANGANYAR, KRJOGJA.com –  Beragam produk UMKM dan potensi ekonomi asal Jaten, Kebakkramat dan Tasikmadu tampil di bursa inovasi desa di Palur Plasa. Para pelaku usaha skala rumah tangga asal tiga kecamatan itu diberi kesempatan mengenalkan produknya ke khalayak ramai di luar lingkungannya.

Ketua Penyelenggara Bursa Inovasi Desa wilayah Jaten Kebak Madu, Hendri Prasetyo mengatakan produk UMKM yang dikenalkan para pelaku usaha berkategori infrastruktur, ekonomi,dan sumber daya manusia. Bentuk konkritnya seperti makanan olahan, kerajinan dan jasa. Tersedia puluhan stan di lantai dua Palur Plasa untuk menampung kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan Internasional Council for Small Business(ICBS) yang membina UMKM," katanya.

Bupati Karanganyar mengapresiasi adanya pameran produk unggulan di masing masing desa. Pemerintah siap mendorong dan mendukung inovasi dalam mengembangkan dan mempromosikan produk khas daerah.

"Kita akan  memfasilitasi dan mwndorong produk baru.Sehingga dikenal dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya

Camat Jaten Aji Pratama Heru K mengatakan perkembangan UMKM di wilayah kecamatan yang dipimpinnya tergolong pesat. Dari semula 50 unit usaha, kini sampai 65 unit dalam waktu setahun.

“Fasilitasi dari pemerintah dan komunitas sangat dibutuhkan. Terutama pengusaha besar. Ruang pameran yang disediakan di Palur Plasa sangat membangu, katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI