Akbar Tanjung: Hargai dan Laksanakan Putusan MK

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Semua pihak diminta menghormati dan melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung kepada wartawan usai menghadiri acara di Lorin Hotel, Jumat (28/6).

"Kita semua harus menghormati dan mengapresiasi putusan MK. Sebab MK ini lembaga yang memiliki kompetensi tinggi, dalam merespons berbagai dinamika yang ada," kata politisi senior tersebut.

Menurutnya, MK tidak main-main dalam menanggapi permohonan gugatan yang diajukan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Majelis hakim memberi kesempatan penggugat menyodorkan bukti valid di ruang sidang. Meski dalam perjalanan sidang, hakim MK tidak mengabulkan seluruh materi gugatan. Berdasar putusan tersebut, secara tidak langsung menetapkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, sesuai hasil rekapitulasi nasional Pilpres yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia juga berharap, pascakeluarnya putusan MK, segera ada rekonsiliasi antarcalon presiden, agar terjalin hubungan baru yang saling menghormati posisi masing-masing.

"Harapan semua pihak agar segera ada rekonsiliasi. Pak Jokowi membuka diri untuk berkomunikasi, Pak Prabowo pun melakukan langkah-langkah yang menunjukkan bahwa antartokoh tersebut terjalin hubungan yang memperlihatkan saling menghormati posisi masing-masing. Pak Jokowi menyampaikan akan menjadi Presiden bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa membeda-bedakan apakah dulu pilih 01 atau 02," tandasnya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI