Akhirnya Mahasiswa UNS KKN Terjun Langsung ke Desa

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRJOGJA.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo secara luring akhirnya bisa kembali digelar, setelah 2 tahun dilanda pandemi Covid 19. Pada acara pelepasan, Selasa (11/7), halaman kantor pusat dr Prakoso pun dipadati 3627 mahasiswa yang siap terjun ke desa-desa.

KKN periode Juli-Agustus 2022 yang dilepas rektor Prof Dr Jamal Wiwoho disebar di 3 propinsi : Jawa Tengah 16 kabupaten, Jawa Timur 3 Kabupaten dan Jawa Barat 1 kabupaten yakni Kab Pangandaran. KKN dibagi dalam beberapa kelompok yaitu kelompok pengenalan lapangan persekolahan (PLP) diikuti 1.528 mahasiswa FKIP dan FKOR

Kemudian kelompok SMART Village Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggl dan Transmigrasi 140 orang, MBKM UNS 84 orang, KKN Kebangsaan Program MBKM di Provinsi Palangkaraya 5 orang, kelompok KKN Reguler1.875 orang dan KKN Desa Presisi 225 orang.

Rektor mengingatkan saat ini banyak mahasiswa belum sadar bahwa tugas utamanya mengabdi kepada masyarakat. Berdasarkan tugas utama itu, mahasiswa harus memiliki kapasitas dan kemampuan baru untuk menjadi sumber daya manusia masa depan, yang sanggup menaklukan setiap dinamika perubahan yang terjadi di masyarakat.

“Melalui KKN inilah para mahasiswa keluar kampus dan turun ke masyarakat,” tandas Prof Jamal. Jadi mahasiswa jangan terlalu lama asyik menyibukkan diri di kampus dan terus menerus mendiskusikan ilmu dan pengetahuan. Sehingga mereka lupa, ada hal yang lebih serius untuk mendapatkan perhatian mahasiswa di masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ahmad Yunus MS menjelaskan 3.627 peserta KKN berasal dari 11 fakultas. “Karena saat ini masih dalam kondisi situasi pandemi Covid-19 yang belum 100 persen hilang, kami mengharapkan agar mahasiswa KKN menjadi pelopor dalam menjalankan protokol kesehatan di lokasi KKN,” katanya. (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI