Akhirnya, Pemkab Karanganyar Buka Fasilitas Isolasi Terpusat

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 tingkat kabupaten mulai dibuka di Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar di Desa Bangsri, Karangpandan. Disiapkan 88 tempat tidur di sana. Kini, tinggal menunggu masuknya pasien yang direkomendasi Dinas Kesehatan.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan sudah waktunya membuka tempat isolasi terpusat. Tempat itu menampung pasien Covid-19 tak bergejala maupun bergejala ringan yang tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah. Di rumah mereka, terdapat risiko penularan ke anggota keluarga lain. Sebagaimana diketahui, klaster keluarga mendominasi kasus penularan Covid-19 di Karanganyar.

“Setahun lalu, gedung BLK sudah pernah dipakai isolasi nakes. Ini mau dipakai lagi biar warga isolasi secara terpusat,” kata Juliyatmono kepada wartawan usai meninjau kamar BLK di Desa Bangsri, Karangpandan, Sabtu (10/7).

Mereka yang akan mengisi perlu mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK). Dia menuturkan, kapasitas BLK Karangpandan dapat menampung sebanyak 88 orang. Akan tetapi demi kenyamanan, tidak semua tempat tidur digunakan mengingat akan dilakukan penataan terlebih dahulu.

“Kalau masyarakat lebih disiplin dan lebih aman terjaga di rumah ya monggo. Karena varian ini penularannya cepat. Supaya lingkungan terhindar dan terjaga, kita mohon keikhlasannya menyehatkan diri di BLK,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI